sentra

Sabtu, 25 Oktober 2014

kurikular domain

afeksi
trust (melihat reaksi anak terhadap lingkungan)
memprediksi lingkungan dengan tepat supaya percaya kalau lingkungan itu aman
"anak masuk sekolah sendiri tanpa pengasuh"
"anak langsung bermain saat bertamu kerumah teman"

autonomy (tampilan anak untuk menolong dirinya)
saat anak melakukan sebuah kegiatan
"melepas baju kaos dengan cara mengangkat bagian bawah kaos terlebih dahulu, kemudian mengeluarkan lengannya satu persatu, terakhir melepaskan kaos dari kepala"
"melepas sepatu dengan menggunakan salah satu ujung kaki untuk menekan bagian belakang sepatu"

initiative (tampilan anak yang berkaitan dengan arahan diri, mencari alternatif dan bertanggungjawab pada setiap keputusannya)
saat anak harus memilih kegiatan dan bertanggungjawab terhadap keputusannya
"anak memilih salah satu alat main yang disediakan pada saat bermain sentra"
"anak mencari alternatif alat main lain ketika mainan yang diinginkan sedang digunakan teman"

industry (sebuah proses dalam berusaha, kerja keras dan ketekunan)
melihat cara melakukan, cara berusaha, kerja keras dan ketekunannya
"anak bermain alat pukul yang awalnya dipukul tanpa arah kemudian memukul pada bentuk yang seharusnya"
"ketika anak bermain lego dia menyusun sebuah bentuk sesuai dengan idenya"
"anak menggambar lalu mewarnai sampai selesai"

self concept (kemampuan dalam mengelola dirinya)
bagaimana anak bersikap, bertindak dan mengekspresikan diri
kontrol diri
"anak meminta maaf ketika tahu dirinya bersalah"
percaya diri
"melakukan tugas-tugas sebagai anggota keluarga misalnya anak"

self esteem (harga diri, bahwa setiap anak memiliki kompetensi, memiliki kemampuan)
 bagaimana anak menyadari kemampuannya, bagaimana anak tahu kebutuhannya
"ketika anak memanjat ; dari naik satu tangga sampai anak dapat berayun, sehingga dia akan bangga akan keberhasilannya"

kognisi
perception (tindakan mengerti, menafsirkan informasi sensoris guna memberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan)
kemampuan menanggapi sesuatu
"memperhatikan saat ada sebuah informasi baru di dengar atau dilihat"

physical knowladge (kemampuan mengidentifikasi sebuah benda)
anak mengenali benda dari ciri-cirinya
" menyebutkan ciri-ciri, bentuk, ukuran, warna, tekstur, posisi dari suatu benda"

logical mathematical knowladge (pengetahuan matematika logis)
kemampuan menghubungkan, membandingkan, mengklasifikasi benda dengan benda, kejadian
"anak melakukan  eksperimen, dan bereksplorasi dengan benda-benda, dengan kejadian

representational knowladge (kemampuan merepresentasikan pikiran)
"bermain peran, menggambar, melukis, menyusun balok, manik-manik"

critical tinking knowladge (

conventional social knowladge (pengetahuan tentang lingkungan)
kebiasaan dalam lingkungan sosial
"cuci kaki sebelum tidur"
" adab terhadap orang yang lebih tua"
"cara-cara hidup seorang muslim"

bahasa

ketrampilan mendengar


bahasa yang di fahami

bahasa yang ditampilkan
bicara jelas dan lengkap, dengan spok
kontrol bicara
artikulasi, intonasi

membaca
tatacara membaca, penggunaan buku
cara merawat buku

menulis

bentuk tulisan
tatacara menulis
hubungan arti dengan tulisan
representasi tahapan menulis


fisik

body awarenes
percaya diri dalam menggunakan tubuhnya
konsep diri terhadap ruang
mengkombinasi gerakan dengan kordinasi

gross motor
melempar, ketangkasan, keseimbangan

fine motor
belajar lebih jauh dengan gerakan, koordinasi mata dan tangan, kontrol
penglihatan terhadap obyek

kesehatan fisik
kebutuhan sesuai kesehatan "makan dan minum yang sehat'
pengetahuan tentang kesehatan "beraktifitas dalam rutinitas, terpenuhi fisiknya terpenuhi"

sosial

ketrampilan sosial
ketrampilan bermain, sikap2 dalam bermain
sikap sayang, aturan kelas/kelompok
jenis2 interaksi sosial
tahapan interaksi sosial, terlibat dalam hubungan multiple

sosialisasi

cara menyelesaikan masalah"dengan bimbingan"
menggunakan bahasa sosial: konsep benar sosial
tahapan menyelesaikan masalah



1 komentar:

  1. Terima kasih atas penjelasannya.. bermanfaat sekali

    BalasHapus