sentra

Senin, 15 September 2014

Pengalamanku #5A

Kegiatan bermain bebas merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi setiap anak. Dalam metode pembelajaran sentra main bebas ada dua macam yaitu main besa di dalam dan main bebas di luar. Main bebas di dalam adalah rangkaian kegiatan main yang dilakukan anak pada saat jurnal pagi sebagai transisi dari rumah  kesekolah. Banyak sekali manfaat bermain didalam diantaranya adalah berbagi, sayang teman, bicara secara verbal dll. Sikap dan prilaku positif ditanamkan sejak kedatangan anak sehingga saat bermain bebas di dalam akan membantu dalam mempelajari bagaimana mengatasi konflik terutama dengan teman sebaya.
Contoh
Untuk membangun afeksi anak saat bermain bebas didalam ; anak bermain lego dia mengambil alat main dan memainkannya tiba-tiba datang temannya untuk bergabung dan berkata "boleh aku main bersamamu", temannya menjawab "boleh", kemudian terjadilah interaksi antara keduanya mengomunikasikan alat main yang digunakan, diskusi ide main masing-masing beberapa waktu kemudian terjadilah konflik memperebutkan satu jenis alat main yang keduanya sama-sama menginginkan alat tersebut mereka saling tarik menarik bahkan saling pukul kemudian keduanya menangis atau salah satu yang menangis.
Dari kejadian tersebut apa yang bisa kita lakukan baik untuk pendampingan atau untuk mendokumentasikan perkembangan anak ?Pertanyaan itu yang harus kita cari solusi, cara yang tepat supaya kita bisa membantu mereka mengatasi permasalah ketika terjadi konflik. 
hal-hal yang bisa dilakukan misalnya
Datanglah padanya dan tanyakan apa yang terjadi  dengan berusaha tidak memihak pada salah satunya. Berilah keduanya kesempatan untuk mengungkapkan apa masalahnya sebelum kita menarik kesimpulan. “apa yang terjadi, apa kalian butuh bantuan, kenapa menangis, dsb” ajaklah anak mengenali masing-masing permasalahannya dan bagaimana cara yang terbaik untuk mengatasinya. “alat main ini hanya satu bagaimana supaya mainan ini bisa dimainkan bersama” ajaklah anak mencari solusi sendiri dalam mengatasi permasalahannya. “kalau alat mainnya sedang dipegang teman bagaimana caranya supaya kamu bisa memainkannya juga atau apa yang dilakukan supaya temannya mengerti bahwa kamu juga ingin alat main ini” Tujuannya agar anak memiliki kemampuan mengenali emosinya, mempelajari dampak dari setiap emosi yang dia tunjukkan.bahkan anak akan tau kapan sebaiknya emosi itu digunakan.
Metode pembelajaran sentra bertujuan membangun 18 sikap 6 domain dan kecerdasan jamak. Dari peristiwa diatas kita jadi tahu  ;
  1. sikap yang dibangun melalui proses bermain tersebut adalah sikap saling menghargai, sabar, kasih sayang dll
  2. Domain yang dibangun adalah mengenali emosinya, emosi orang lain, dampak dari sebuah emosi dan cara menyalurkan emosi
  3. Kecerdasan yang akan terbangun adalah cerdas intra dan inter personal, cerdas bahasa


Ini pelajaran yang bisa kita baca dalam contoh kegiatan sederhana dan sehari-hari, maka dari itu marilah kita bersama-sama membangun perkembangan anak dengan serius, sehingga tidak ada pelajaran yang terlewat dari setiap kegiatannya. 
Tanamkan dalam pemikiran kita bahwa kita akan membangun  6 domain, 18 sikap dan 7 kecerdasan pada anak supaya kelak ketika dia harus berada pada kehidupan yang sesungguhnya mereka sudah bisa menentukan bagimana mereka hidup, cara, atau apa yang akan dilakukan dalam menghadapi setiap sunnatullah ini. 


Yakinlah sedikit kita berbuat kebaikan maka akan berdampak sangat besar dalam setiap kehidupannya. 

#edisimainbebasdidalam
#bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar