sentra

Selasa, 16 September 2014

Pengalamanku #5b

pengalaman kali ini akan membahas tentang main bebas di luar. Main bebas di luar banyak sekali ragam kalau di tempat saya dibagi dalam tiga kategori yang pertama adalah main bahan alam, kedua main microplay, dan yang ketiga adalah main tradisional. Setiap kegiatan main sejatinya mengandung tiga unsur yaitu main sensori, main peran dan main pembangunan. Kegiatan main bebas diluar merupakan rangkaian dari proses transisi dipagi hari yang dimulai dari kegiatan jurnal main bebas di dalam dan main bebas diluar. semua kegiatan tersebut bertujuan sama agar anak siap menghadapi kegiatan pembelajaran di sekolah. kegiatan ini walaupun menggunakan istilah main bebas bukan berarti kegiatan ini akan terlepas dari tujuan kita terhadap anak yaitu membangun tahapan perkembangan anak.
Mari kita bahas satu persatu dari tiga kegiatan main bebas diluar.
  1.  Main Bahan Alam : kegiatan ini adalah memberikan kesempatan pada anak yang ingin menuangkan idenya dengan menggunakan bahan yang lebih bervariasi misal menggunakan berbagai macam cat, berbagai macam air dan bahan yang lainnya. informasikan pada anak bahwa main waktu transisi tidak banyak jadi berusahalah tuntas dalam satu pekerjaan namun bila masih ada waktu boleh mencoba alat main yang lain. Anak melakukan pemanasan supaya pada saat main inti tidak kaku. Contoh anak bermain mural ajaklah membangun semua koordinasi tubuhnya supaya apabila di kegiatan initi anak akan masuk sentra persiapan anak sudah memiliki tambahan kemahiran dalam kegiatan otot tangannya sehingga mempermudah anak dalam bermain benda-benda kecil misal pettern play dll
  2. Main microplay adalah memberi kesempatan kepada anak untuk menggunakan indera perabanya merasakan tekstur, mengkoordinasikan otot tangan dan mata, melatih tentang kepekaan terhadap rangsangan dari luar, kegiatan ini berupa main biji-bijian dan main pasir
  3. Main tradisional adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar bagaimana interaksi sosial terbangun, mengenal aturan bersama, mengeluarkan rasa kegembiraannya dsb

Ketiga kegiatan tersebut harus mengandung tiga unsur yang diatas dan harus dapat membangun perkembangan anak sesuai tahapan usianya. peran guru akan sangat penting terkait dengan kemampuan guru dalam melakukan skala pendampingan. 
Kegiatan main bebas diluar juga membantu anak dalam memenuhi kebutuhan tubuhnya akan vitamin D terutama yang dihasilkan oleh sinar matahari pagi. Kita seharusnya dapat mengajarkan kepada anak bagaimana cara bersyukur atas nikmat sinar matahari yang membantu perkembangan tulangnya. Kegiatan main bebas diluar dapat membantu anak yang memiliki kebutuhan geraknya lebih banyak. Supaya kebutuhan tersebut dapat terpenuhi sesuai kebutuhannya maka anak bisa diajak berlari dihalaman sambil merasakan hangatnya sinar matahari dipagi hari.
Banyak sekali dalam setiap kegiatan anak yang bisa kita amati untuk dijadikan bahan diskusi, bahan belajar ataupun bahan evaluasi untuk guru.
Kita diharuskan melihat anak dari dekat, melakukan penilaian terhadap anak sesuai faktanya yang disebut penilaian otentik (melihat anak secara fakta)
Kita harus menyadari bahwa setiap anak itu unik maka bagaimana supaya anak dan orang tua bekerjasama dalam membangun keunikan tersebut. 
   
#edisimainbebasdiluar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar