sentra

Minggu, 29 Maret 2020

Contoh Kegiatan pada Masa Lockdown

INDIKATOR KEGIATAN YANG BISA DILAKUKAN ORANG TUA SELAMA MASA LOCKDOWN
menggunakan tema pesawat


Menyebutkan macam-macam kendaraan (3/4.7)
Kegiatannya : ajak anak mengamati berbagai macam kendaraan melalui buku, gambar atau video, kemudian tanyakan kendaraan apa saja yang sudah di ketahui anak, bial memungkinkan tanyakan pula apa ciri-cirinya

Anak dapat menempel gambar kendaraan (3/4.3)
Bantuan orang tua : membuat gambar pesawat kemudian potong gambar tersebut sesuai bagiannya (badan pesawat, sayap, ekor atau baling-balingnya pilih salah satu)
Tugas anak : menempel atau mengabungkan potongan gambar tadi pada kertas HVs

Bersikap santun (3/4.2)
pengamatannya : anak tebiasa membungkukkan badan saat lewat di depan orang yang lebih tua



Menyebutkan nama gerakan sholat  (3/4.1)
Kegiatannya : ajaklah anak sholat berjamaah setelah selesai sholat tanyankan gerakan sholat apa saja yang anak ketahui

Membaca berbagai macam buku (3/4.12)
Kegiatannya : sediakan buku yang menarik untuk dibaca anak, tempatkan di area yang nyaman untuk anak melakukan kegiatan membaca, berikan pendampingan misalnya dengan bertanya buku apa yang sedang dibaca, bila memungkinkan ajak anak menceritakan isi buku

Menjaga kerapihan ruangan (2.8)
Pengamatannya anak merapikan mainan yang sudah di gunakan, atau merapikan bantal saat bangun tidur atau membuang sampah pada tempatnya



Melafadzkan bacaan sholat (3/4.1)
Kegiatannya : ajaklah anak sholat berjamaah setelah selesai sholat tanyankan bacaan sholat apa yang anak ketahui

Menyebutkan ciri-ciri pesawat (3/4.6)
Kegiatanya : berikan kesempatan kepada anak bermain peran aktifitas prosedur naik pesawat setelah selesai bermain peran tanyakan kepada anak bagaimana ciri-ciri pesawat, apa yang membedakan pesawat dengan kendaraan yang lain

Terbiasa berperilaku santun (2.14)
Masih tentang bermain peran : amati bagaimana anak ketika melakukan interaksi apakah dia mengucapkan terimaksaih setelah mendapatkan bantuan atau menerima sesuatu. Mengucapkan kata maaf saat tidak sengaja menyakiti orang lain, atau berbicara lembut dengan siapapun.



Bereksplorasi dengan bahan main untuk membuat pesawat (3/4.15)
Kegiatannya : ajak anak mencari bahan bekas yang ada di rumah misalnya bungkus pasta gigi, botol bekas air mineral, kardus bekas atau apa saja yang ada, kemudian ajak anak membuat pesawat dari bahan bekas tersebut, cari cara yang paling mudah bagi anak, sediakan selotip dan gunting. Tunggulah hasil karyanya!

Mengenal perilaku hidup sehat (3/4.4)
Kegiatannya : mengajak anak melakukan cuci tangan dengan 6 langkah, mengajak anak terbiasa cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan

Bangga pada hasil karya buatannya (2.4)
Penamatannya : berikan motivasi kepada anak agar selalu menghargai setiap pekerjaannya, motivasi anak agar bangga terhadap pekerjaannya.



Mengucapkan kalimat pujian saat melihat sesuatu yang menakjubkan (1.2)
Kegiatannya : ajak anak melakukan kegiatan olah raga atau berjemur dalam rangka menangkal virus corona, motivasi anak agar selalu bersyukur di beri kesempatan untuk menikmati sinar matahari, lalu ajaklah anak bersyukur dengan mengucapkan kalimat hamdallah, ceritakan tentang kebesaran Allah lalu ajak anak mengucapkan kalimat-kalimat toyyibah untuk mengagungkan kebesaran Allah.

Bertanggungjawab terhadap sesuatu yg dilakukan (2.12)
Kegiatannya memberikan motivasi agar anak merapikan mainan yang sudah di gunakan, atau merapikan bantal saat bangun tidur atau membawa piring ke tempat cuci piring setelah melakukan kegiatan makan.

Menjaga kebersihan lingkungan (2.1)
Berikan motivasi : agar anak senang menjaga kebersihan misalnya dengan membantu mama menyapu, membuang sampah pada tempatnya atau berlatih memcuci gelas minum yang berbahan plastik.

Senang melakukan uji coba (2.2)
Kegiatannya : ajak anak melakukan uji coba misalnya membuat pencampuran warna gunakan bahan yang ada contoh caranya sebagai berikut :
1.      Dengan krayon : goreskan krayon warna biru lalu tumpuk di atasnya warna merah maka akan muncul warna baru, biarkan anak mencoba berbagai warna
2.      Dengan pewarna makanan: teteskan warna merah pada segelas air lalu teteskan warna kuning maka akan muncul warna apa, biarkan anak mencoba warna lain
3.      Dengan spidol : letakkan ujungspidol warna merah lalu tambahkan  spidol warna kuning amati warna apa yang muncul
Atau mungkin orang tua punya cara lain untuk mengajak anak melkukan uji coba

Menirukan kegiatan senam irama (3/4.3)
Kegiatannya : ajak anak mendengarkan musik biarkan mereka bereksplorasi misalnya mengikuti gerakannya atau mengikuti syair lagunya, bila memungkinkan ajak mereka senam sambil mendengarkan musik anak-anak

Menjaga kebersihan lingkungan (2.1)
Berikan motivasi : agar anak senang menjaga kebersihan misalnya dengan membantu mama menyapu, membuang sampah pada tempatnya atau berlatih memcuci gelas minum yang berbahan plastik.



Mengenal dan memerankan berbagai macam profesi (3/4.7)
Kegiatannya : bermain peran, motivasi anak untuk bermain peran kegiatan di bandaradan pesawat, tawarkan peran yang bisa mereka pilih misalnya pilot, pramugari atau petugas petugas yang ada di bandara, bila perlu orang tua ikut bermain, apabila anak terpaksa bermain sendiri maka samapikan saja pijakannya dan katakan bahwa “kamu bisa menjadi sutradaranya, gunakan benda lain sebagai pilotnya, pramugarinya atau petugas lain yang ada di bandara” ide main peran kecil.

Menyebutkan fungsi pesawat (3/4.6)
Setelah anak bermain ajak anak untuk recalling dengan menanyakan peran yang sudah di pilih, di pesawat itu ada siapa atau ada apa saja, terakhir tanyakan kalau begitu pesawat itu untuk apa ya.

Terbiasa berperilaku santun (2.14)
Masih tentang bermain peran : amati bagaimana anak ketika melakukan interaksi apakah dia mengucapkan terimaksaih setelah mendapatkan bantuan atau menerima sesuatu. Mengucapkan kata maaf saat tidak sengaja menyakiti orang lain, atau berbicara lembut dengan siapapun.



Tertarik  mewarnai gambar (3/4.15)
Kegiatannya : motivasi anak agar menggambar sesuai topik, kemudian ajak mereka mewarnai gambarnya.

Menulis cerita (3/4.12)
Masih tentang gambar di atas apabila anak bisa menuliskan ceritanya, maka motivasi anak agar menuliskan sendiri ceritanya.

Melakukan bersih-bersih tubuh secara sederhana ( 3/4.4 )
Ajak anak untuk terbiasa melakukan bersih-bersih tubuh terutama cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas, ajak anak terbiasa buang air (BAB, BAK) secara teratur walaupun masih diingatkan.



Tertarik pada ksta-kata baru dan asing (3/4.10)
Kegiatannya ajak anak bermain kata-kata misalnya tebak gambar, tebak kata, bermain kartu kata, atau meniru tulisan yang di tempel di tempat-tempat terbuka. Kata-kata yang dikenalkan : pilot, pramugari, hanggar, bandara, badan pesawat, sayap, ekor, mesin, roda, apron, arrival,boarding dst

Menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana dengan runtut (3/4.11)
Ajak anak menceritakan apasaja yang sudah dilakukan sema sehari, kegiatan apasaja yang sangat menarik dan ingin dilkukan lagi. dst

Bersikap koopertif dan toleran dengan teman/saudara ketika bermain  (2.10)
Motivasi anak agar bersikap kooperatif, ajari bagaimana cara mengatasi konflik dengan adil. Berikan kesempatan agar anak belajar mengatsi masalahnya sendiri sebelum orang tua membantu.



Bereksplorasi dengan bahan main untuk membuat pesawat (3/4.15)
Kegiatannya : ajak anak mencari bahan bekas yang ada di rumah misalnya bungkus pasta gigi, botol bekas air mineral, kardus bekas atau apa saja yang ada, kemudian ajak anak membuat pesawat dari bahan bekas tersebut, cari cara yang paling mudah bagi anak, sediakan selotip dan gunting. Tunggulah hasil karyanya!

Bangga pada hasil karya buatannya (2.4)
Penamatannya : berikan motivasi kepada anak agar selalu menghargai setiap pekerjaannya, motivasi anak agar bangga terhadap pekerjaannya.

Menghargai keunggulan orang lain (2.10)
Motivasi agar anak dapat menghargai pekerjaan orang lain sekecil apapun, ajak anak agar mampu menghargai lewat ucapan misalnya karyamu bagus, atau kamu bekerja dengan sungguh-sungguh, wah kamu berhasil dst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar