|
INDIKATOR KEGIATAN YANG BISA DILAKUKAN ORANG TUA SELAMA MASA LOCKDOWN
menggunakan tema pesawat
|
|
|
Menyebutkan macam-macam kendaraan (3/4.7)
Kegiatannya : ajak anak mengamati berbagai macam
kendaraan melalui buku, gambar atau video, kemudian tanyakan kendaraan apa
saja yang sudah di ketahui anak, bial memungkinkan tanyakan pula apa
ciri-cirinya
|
|
|
Anak dapat
menempel gambar kendaraan (3/4.3)
Bantuan
orang tua : membuat gambar pesawat kemudian potong gambar tersebut sesuai
bagiannya (badan pesawat, sayap, ekor atau baling-balingnya pilih salah satu)
Tugas
anak : menempel atau mengabungkan potongan gambar tadi pada kertas HVs
|
|
|
Bersikap santun (3/4.2)
pengamatannya : anak tebiasa membungkukkan
badan saat lewat di depan orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
|
Menyebutkan nama gerakan sholat (3/4.1)
Kegiatannya : ajaklah anak sholat berjamaah
setelah selesai sholat tanyankan gerakan sholat apa saja yang anak ketahui
|
|
|
Membaca berbagai macam buku (3/4.12)
Kegiatannya : sediakan buku yang menarik untuk
dibaca anak, tempatkan di area yang nyaman untuk anak melakukan kegiatan
membaca, berikan pendampingan misalnya dengan bertanya buku apa yang sedang
dibaca, bila memungkinkan ajak anak menceritakan isi buku
|
|
|
Menjaga kerapihan ruangan (2.8)
Pengamatannya anak merapikan mainan yang sudah di
gunakan, atau merapikan bantal saat bangun tidur atau membuang sampah pada
tempatnya
|
|
|
|
|
|
Melafadzkan bacaan sholat (3/4.1)
Kegiatannya : ajaklah anak sholat berjamaah
setelah selesai sholat tanyankan bacaan sholat apa yang anak ketahui
|
|
|
Menyebutkan ciri-ciri pesawat (3/4.6)
Kegiatanya : berikan kesempatan kepada anak
bermain peran aktifitas prosedur naik pesawat setelah selesai bermain peran
tanyakan kepada anak bagaimana ciri-ciri pesawat, apa yang membedakan pesawat
dengan kendaraan yang lain
|
|
|
Terbiasa berperilaku santun (2.14)
Masih
tentang bermain peran : amati bagaimana anak ketika melakukan interaksi apakah
dia mengucapkan terimaksaih setelah mendapatkan bantuan atau menerima sesuatu.
Mengucapkan kata maaf saat tidak sengaja menyakiti orang lain, atau berbicara
lembut dengan siapapun.
|
|
|
|
|
|
Bereksplorasi dengan bahan main untuk membuat pesawat
(3/4.15)
Kegiatannya : ajak anak mencari bahan bekas yang
ada di rumah misalnya bungkus pasta gigi, botol bekas air mineral, kardus
bekas atau apa saja yang ada, kemudian ajak anak membuat pesawat dari bahan
bekas tersebut, cari cara yang paling mudah bagi anak, sediakan selotip dan
gunting. Tunggulah hasil karyanya!
|
|
|
Mengenal perilaku hidup sehat (3/4.4)
Kegiatannya : mengajak anak melakukan cuci tangan
dengan 6 langkah, mengajak anak terbiasa cuci tangan sebelum dan sesudah
kegiatan
|
|
|
Bangga pada hasil karya buatannya (2.4)
Penamatannya
: berikan motivasi kepada anak agar selalu menghargai setiap pekerjaannya,
motivasi anak agar bangga terhadap pekerjaannya.
|
|
|
|
|
|
Mengucapkan kalimat pujian saat melihat sesuatu yang
menakjubkan (1.2)
Kegiatannya : ajak anak melakukan kegiatan olah
raga atau berjemur dalam rangka menangkal virus corona, motivasi anak agar
selalu bersyukur di beri kesempatan untuk menikmati sinar matahari, lalu
ajaklah anak bersyukur dengan mengucapkan kalimat hamdallah, ceritakan
tentang kebesaran Allah lalu ajak anak mengucapkan kalimat-kalimat toyyibah
untuk mengagungkan kebesaran Allah.
|
|
|
Bertanggungjawab
terhadap sesuatu yg dilakukan (2.12)
Kegiatannya memberikan motivasi agar anak merapikan
mainan yang sudah di gunakan, atau merapikan bantal saat bangun tidur atau membawa
piring ke tempat cuci piring setelah melakukan kegiatan makan.
|
|
|
Menjaga kebersihan lingkungan (2.1)
Berikan motivasi : agar anak senang menjaga
kebersihan misalnya dengan membantu mama menyapu, membuang sampah pada
tempatnya atau berlatih memcuci gelas minum yang berbahan plastik.
|
|
|
Senang melakukan uji coba (2.2)
Kegiatannya
: ajak anak melakukan uji coba misalnya membuat pencampuran warna gunakan
bahan yang ada contoh caranya sebagai berikut :
1. Dengan krayon : goreskan krayon warna biru lalu tumpuk
di atasnya warna merah maka akan muncul warna baru, biarkan anak mencoba
berbagai warna
2. Dengan pewarna makanan: teteskan warna merah pada
segelas air lalu teteskan warna kuning maka akan muncul warna apa, biarkan
anak mencoba warna lain
3. Dengan spidol : letakkan ujungspidol warna merah lalu
tambahkan spidol warna kuning amati
warna apa yang muncul
Atau mungkin orang tua punya cara lain untuk
mengajak anak melkukan uji coba
|
|
|
Menirukan
kegiatan senam irama (3/4.3)
Kegiatannya : ajak anak mendengarkan musik biarkan mereka bereksplorasi
misalnya mengikuti gerakannya atau mengikuti syair lagunya, bila memungkinkan
ajak mereka senam sambil mendengarkan musik anak-anak
|
|
|
Menjaga kebersihan lingkungan (2.1)
Berikan motivasi : agar anak senang menjaga
kebersihan misalnya dengan membantu mama menyapu, membuang sampah pada
tempatnya atau berlatih memcuci gelas minum yang berbahan plastik.
|
|
|
|
|
|
Mengenal dan memerankan berbagai macam profesi (3/4.7)
Kegiatannya
: bermain peran, motivasi anak untuk bermain peran kegiatan di bandaradan
pesawat, tawarkan peran yang bisa mereka pilih misalnya pilot, pramugari atau
petugas petugas yang ada di bandara, bila perlu orang tua ikut bermain,
apabila anak terpaksa bermain sendiri maka samapikan saja pijakannya dan
katakan bahwa “kamu bisa menjadi sutradaranya, gunakan benda lain sebagai
pilotnya, pramugarinya atau petugas lain yang ada di bandara” ide main peran
kecil.
|
|
|
Menyebutkan fungsi pesawat (3/4.6)
Setelah
anak bermain ajak anak untuk recalling dengan menanyakan peran yang sudah di
pilih, di pesawat itu ada siapa atau ada apa saja, terakhir tanyakan kalau
begitu pesawat itu untuk apa ya.
|
|
|
Terbiasa berperilaku santun (2.14)
Masih
tentang bermain peran : amati bagaimana anak ketika melakukan interaksi apakah
dia mengucapkan terimaksaih setelah mendapatkan bantuan atau menerima sesuatu.
Mengucapkan kata maaf saat tidak sengaja menyakiti orang lain, atau berbicara
lembut dengan siapapun.
|
|
|
|
|
|
Tertarik mewarnai gambar (3/4.15)
Kegiatannya
: motivasi anak agar menggambar sesuai topik, kemudian ajak mereka mewarnai
gambarnya.
|
|
|
Menulis cerita (3/4.12)
Masih tentang gambar di atas apabila anak bisa
menuliskan ceritanya, maka motivasi anak agar menuliskan sendiri ceritanya.
|
|
|
Melakukan bersih-bersih tubuh secara sederhana ( 3/4.4
)
Ajak
anak untuk terbiasa melakukan bersih-bersih tubuh terutama cuci tangan
sebelum dan sesudah melakukan aktifitas, ajak anak terbiasa buang air (BAB,
BAK) secara teratur walaupun masih diingatkan.
|
|
|
|
|
|
Tertarik pada ksta-kata baru dan asing (3/4.10)
Kegiatannya ajak anak bermain kata-kata misalnya
tebak gambar, tebak kata, bermain kartu kata, atau meniru tulisan yang di
tempel di tempat-tempat terbuka. Kata-kata yang dikenalkan : pilot, pramugari,
hanggar, bandara, badan pesawat, sayap, ekor, mesin, roda, apron,
arrival,boarding dst
|
|
|
Menceritakan pengalaman atau kejadian secara
sederhana dengan runtut (3/4.11)
Ajak anak menceritakan apasaja yang sudah
dilakukan sema sehari, kegiatan apasaja yang sangat menarik dan ingin
dilkukan lagi. dst
|
|
|
Bersikap koopertif dan toleran
dengan teman/saudara ketika bermain (2.10)
Motivasi
anak agar bersikap kooperatif, ajari bagaimana cara mengatasi konflik dengan
adil. Berikan kesempatan agar anak belajar mengatsi masalahnya sendiri
sebelum orang tua membantu.
|
|
|
|
|
|
Bereksplorasi dengan bahan main untuk membuat pesawat
(3/4.15)
Kegiatannya : ajak anak mencari bahan bekas yang
ada di rumah misalnya bungkus pasta gigi, botol bekas air mineral, kardus
bekas atau apa saja yang ada, kemudian ajak anak membuat pesawat dari bahan
bekas tersebut, cari cara yang paling mudah bagi anak, sediakan selotip dan
gunting. Tunggulah hasil karyanya!
|
|
|
Bangga pada hasil karya buatannya (2.4)
Penamatannya
: berikan motivasi kepada anak agar selalu menghargai setiap pekerjaannya,
motivasi anak agar bangga terhadap pekerjaannya.
|
|
|
Menghargai keunggulan orang lain (2.10)
Motivasi agar anak dapat menghargai pekerjaan
orang lain sekecil apapun, ajak anak agar mampu menghargai lewat ucapan
misalnya karyamu bagus, atau kamu bekerja dengan sungguh-sungguh, wah kamu
berhasil dst
|
membahas tentang ide permainan yang dapat dilakukan oleh orang tua maupun guru dalam mendampingi anak-anak usia dini dari 0 sampai 7 tahun
sentra
Minggu, 29 Maret 2020
Contoh Kegiatan pada Masa Lockdown
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar